P.D.K.T

 saya emang bukan dewa cinta atau dewa PDKT, yah saya cuma share dari pengalaman dan cerita temen2 saya.

PDKT….?!?! hem…
   PDKT pada dasarnya proses yang asik dalam memulai hubungan. Satu hal yang paling penting yg harus jadi dasar dalam ngelakuin PDKT: bahwa PDKT itu adalah proses yang sifatnya mutual. Artinya PDKT itu dilakukan baik si cowo maupun cewe. Kalo cuma searah aja misalnya si cowo aja, itu bukan PDKT tapi itu pengejaran. Dan ane rasa gada cewe yg secara wajar suka dikejar-kejar.

  Kenapa banyak cowo yang salah dalam ngelakuin PDKT? Karena temen2 cowo belum punya paradigma yang tepat soal PDKT. Aturan pertama dalam PDKT adalah: gak boleh ada cinta waktu PDKT. Ini penting untuk menghindari perasaan berbahaya yang namanya NGAREP, kalo kamu  NGAREP kamu bakal jatoh, NGAREP itu berbahaya. Cukup merasa tertarik aja sama gebetan, dan tahan perasaan kamu. Kalo kamu cowo berkualitas kamu bisa kontrol perasaanmu. Cinta harusnya mulai tumbuh setelah gebetan resmi jadi pasangan kamu.
  Ketika kamu ngarep waktu PDKT, kamu merasa harus ngelakuin sesuatu untuk si gebetan. Dan makin kamu ngelakuin sesuatu kamu bakal makin tambah ngarep. Mungkin gak masalah, tapi kadang cowo ngelakuin sesuatu yg seharusnya dilakukan ketika udah jadi pacar. Contohnya kayak anterin si gebetan kemana-mana, nraktir makan, ngasih kado, rajin ngucapin met pagi met siang met malem, jadi orang pertama yg ngucapin ultah dll. Hey wake up dude, kalo si gebetan udah bisa dapetin sesuatu dari kamu tanpa dia harus jadi pacarmu, ngapain dia jadi pacar kamu?
Mungkin diantara kamu ada yang bilang hal-hal yang saya sebutin di atas itu kadang perlu dan ampuh juga. Ada yg beralasan bahwa cewe perlu diperlakukan spesial dengan ngelakuin apa yang ane sebutin di paragraf sebelumnya. Tapi agan boleh nolak pernyataan saya selanjutnya: bahwa kamu wajib bersikap baik, tapi kamu gak wajib bersikap spesial untuk orang yg belom jadi pacar kamu. Cukup berlaku seperlunya aja. Walaupun ada cewe yang beneran jadi sama kamu dengan cara-cara di atas, saya berani tarohan bahwa tu cewe mang dari awal udah tertarik sama kamu.
Sekali lagi PDKT itu asik, seru, dan yang penting terkontrol. Gimana caranya supaya PDKT asik, jawabannya gampang: jadilah asik dan menarik. Saat PDKT berhenti nanya: “gimana caranya biar aku dapet tu cewe?” tapi ganti dengan “gimana caranya kasih kesempatan supaya si cewe tertarik sama aku?”. Yep sekali lagi jawabannya gampang: jadilah asik dan menarik.

  Jaga perasaan kamu supaya gak jatoh dalam lembah ngarep. Caranya adalah dengan memperbaiki diri, jadi cowo berkualitas, jadi cowo glossy. Jadi cowo yang punya kemampuan untuk memilih gadis mana yang baik untuk dirinya. Jadi cowo yang punya kekuatan menolak atau menghindari sesuatu yang kelihatan baik padahal enggak (contoh: gadis berparas cantik namun hatinya belum cantik). Maka dari itu inilah aturan kedua dalam PDKT: fokus lah pada dirimu, bukan gebetanmu.
Yang ga tepat dalam PDKT adalah si cowo fokus sama gebetan. Cari segala info soal dia, cari kesukaan dia, perhatian sama dia, tau semua jadwal dia, dan yang parah jadi stalker. Sebenernya itu gak perlu, daripada kamu fokus sama gebetanmu, lebih baik kamu fokus sama dirimu dan ningkatin kualitas dirimu. Yang saya bilang sebelumnya: jadilah menarik. Perhatiin dandanan kamu, be social, be more active, be more attractive, cari kegiatan yang ningkatin passion hidup, gaul sama temen2 baru, cari hobi baru yang asik, dan yang paling penting berbahagialah. Mana ada cewe normal yang suka sama si pemuram yang anti sosial dan ga asik? saya jamin kamu bakal keliatan lebih “bersinar” ketika kamu ngelakuin hal-hal yg barusan saya sebut. Inget ini bro: kamu ga perlu samain kesukaan kamu, atau hobi kamu dengan si gebetan, sekali lagi kamu hanya perlu jadi menarik. Just it.

Selanjutnya aturan ketiga dalam PDKT adalah: be different! Timbulkan kesan bahwa kamu adalah cowo yang beda (dalam artian baik dan wajar) dibandingkan dengan cowo-cowo lain yg ngejar gebetanmu. Cara yang paling gampang adalah tunjukin bahwa kamu ga takut kalo target kamu nolak kamu, tunjukin bahwa kamu menikmati proses PDKT ini, ga lebih. Tapi inget jangan tunjukin (cuma) lewat omongan, tapi juga lewat tindakan. ketika kamu udah mampu ngelaksanain aturan pada paragraf 2 secara otomatis kamu bakal terlihat ga ngarep. Si gebetan dalam hati bakal bilang: “ni cowo kehidupannya dah asik banget, kalo aku tinggal dia ga bakal ngerasa rugi kayaknya deh, ah sayang ah kalo aku tinggal”
saya kasih tips sederhana yang bisa buat kamu beda dari yang lain. Kebanyakan cowo ngegombal, dan memuji si gebetan, kasih rayuan-rayuan maut dan ucapan manis. Daripada gitu, lakukan sebaliknya. Kalo cowo lain bilang gebetan agan cantik, maka jadilah orang pertama yang bilang dia jelek. Tapi inget konteksnya adalah ngejek (jerk joke) bukan menghina (insult). Jerk joke juga bakal buat kamu sama gebetanmu makin akrab. Jerk joke akan menimbulkan reaksi contohnya seperti ini: “aaah kamu maah rese deh (sambil mukul2 gemes)”. inget ya bukan ngehina. Hal ini harus dilakukan dalam situasi dan kondisi yang tepat biar gak melenceng maksudnya.

Selanjutnya adalah aturan yang sering banget dilanggar oleh pelaku PDKT, aturan keempat: jangan PDKT dengan lebih dahulu jadi sahabat, kakak (kakak ketemu gede), temen curhat atau yg lainnya. Sebenernya ini gak guna banget, ini yang bikin PDKT jadi berlarut-larut dan nimbulin pertanyaan besar dalam kepala cowo: “si dia suka ga yaa sama aku? dia sering curhat nih sama aku, dia nyaman banget sama aku, kayaknya dia suka deh”. Rasa nyaman gak sama dengan cinta. Simpelnya gini, kamu gak perlu nanya-nanya apakah si gebetan suka apa enggak samakamu , karena kalo dia suka sama kamu tanpa kamu bertanya-tanya pun kamu bakal nyadar sendiri.
contoh kasusnya gini: cowo A naksir dengan cewe B. Awalnya A dan B cuma teman biasa. Kemudian A memutuskan untuk deketin si B. A masuk sebagai temen curhatnya B dan lama-kelamaan hubungan mereka deket. Karena A lebih tua (dikit) dari B, jadilah mereka kakak-adean. Mereka saling ceritain rahasia terdalam masing-masing. A selalu pengen hubungan mereka resmi bukan sekedar kakak-ade, akhirnya A nembak B. Dan apa yg didapat A, ternyata B berkata: “aku udah nyaman banget sama kamu, tapi sebagai kakak, aku udah anggep kamu kayak kakak aku sendiri, aku gabisa kalo kita pacaran”.
Apa ada yang tertohok dengan cerita di atas? kalo ada silahkan angguk2, karena hubungan seperti di atas itu sangat beresiko. Masih mending hubungan A dan B tetep baik kakak-adean, tapi kebanyakan malah jadi jauh-jauhan.
Kebanyakan cowo itu lebih peka dengan tanda-tanda si cewe suka sama dia dibandingan dengan tanda-tanda si cewe ga suka. Padahal mungkin tanda-tanda si cewe ga suka lebih banyak daripada tanda-tanda si cewe suka, yang artinya si cewe sebenernya ga suka. Mudah-mudahan kalian paham maksud saya.

Sekarang kita sampai pada aturan yang paling mendasar dalam PDKT, aturan kelima: kamu adalah pribadi yang dari awal UDAH lengkap dan bahagia. Pasangan hidup (pacar, kekasih, istri dsb) ada BUKAN untuk melengkapi kebahagian kamu, tapi untuk berbagi kebahagiaan kamu. Kalo mereka tidak ada, kebahagiaan kamu gak berkurang sedikitpun.
Cewe lebih tertarik pada orang yang bahagia dibandingkan dengan orang yang murung. Jangan membuat dirimu keliatan kasihan dengan harapan si gebeten bisa luluh. Rasa kasian, simpati, dsb tidak sama dengan cinta.
Kalo kamu berhasil menjadi pribadi yang udah bahagia dari awal, kamu bakal terhindar dari rasa ngarep, kamu bakal santai dalam PDKT, dan gebetan pun bakal mikir kalo kamu itu cowo berkualitas yang beda dari cowo lain. Kalopun si cewe harus nolak kamu, si cewe yang bakal ngerasa rugi, bukan kamu. Karena sekali lagi kamu adalah cowo yang berkualitas.
Seperti yang saya bilang di awal tulisan, PDKT adalah kegiatan yang sifatnya mutual, jadi ketika kamu udah ngelakuin kelima aturan yang udah saya uraikan sebelumnya tapi si gebetan gak nunjukin ketertarikan samakamu , segera tinggal dan cari target baru. Kalo perlu jangan cuma deketin satu cewe aja, semakin banyak semakin bagus. Apakah ini sah? Jawabannya tentu aja sah, kenapa? Karena kamu gak obral cinta sama mereka, kamu hanya tertarik. Dan inget, sama sekali gak salah untuk jadi cowo pemilih karena kamu punya potensi dan kualitas untuk itu.

0 Comments