Teman datang disaat membutuhkan saja?

Siapa yang punya teman yang hanya datang saat dia butuh bantuanmu saja? Sepertinya hampir semua orang punya teman yang seperti itu. Tapi apakah sifat seperti teman yang datang saat butuh itu salah dan pantas untuk dicela? Hmm, menurut saya sifat itu bisa saja masih wajar dan bisa juga kurang ajar.
Pertama, yang tidak kita sadari, kita adalah makhluk sosial, yaitu makhluk yang tidak mungkin bisa hidup sendiri, selalu membutuhkan orang lain. Sudah menjadi sifat dasar manusia untuk meminta bantuan orang lain untuk menyelesaikan masalah. Dan sudah sifat dasar manusia untuk mengharapkan imbalan dari apa yang sudah diberikan.
Kedua, sebagai teman, kita seharusnya tahu resiko dari tidak mendapatkan imbalan atau balas budi, karena itulah tujuan berteman, bukan untuk mengambil keuntungan saja. 
Yaa, setidaknya walaupun tidak memberikan keuntungan, tapi jangan sampai memberikan kerugian juga. Walaupun temanmu hanya bisa memberikan kesenangan untukmu saja, bukan dalam bentuk uang, makanan, hadiah dan sebagainya, sedangkan kamu sudah mengeluarkan uang, sebenarnya itu bisa diaanggap adil.
Jadi bagaimana dengan teman yang datang hanya saat butuh saja? Menurut saya, selama tidak merugikan saat dia pergi, itu masih wajar, tidak perlu dicela. Malah mungkin kesalahan ada pada kamu sendiri, bukan teman kamu, karena kamu tidak bisa mempertahankan persahabatan saat dia sedang senang, dan dengan orang lain, itu sebabnya dia meninggalkanmu saat dia tidak butuh dirimu. Itulah mengapa pertemanan yang seperti ini masih saya anggap sangat wajar.
Lalu, bagaimana dengan yang merugikan. Misalnya dia hanya datang untuk meminta pertolongan dan malah menjatuhkan kamu ketika dia pergi? Yaa, yang seperti ini yang perlu dijauhi. Tapi saya yakin orang yang seperti ini sangat jarang ditemui, mungkin hanya orang yang keseringan menonton sinetron lah yang menganggap kalau ada banyak orang yang seperti ini di dunia, haha! Tapi kalau kamu punya teman yang seperti ini, cukup jauhi dia saja, tidak perlu mencela-cela dirinya, umpatan hanya akan menurunkan derajat kamu saja.
Bertemanlah dengan baik, jagalah pertemanan jangan sampai putus-nyambung, putus disaat senang dan nyambung disaat susah. Tapi jika kamu memiliki teman yang seperti itu jangan langsung menilai buruk kepadanya, berkacalah dulu pada diri sendiri, apakah kamu tidak memiliki sifat itu juga? Karena saya yakin semua orang memiliki sifat seperti itu, hanya datang disaat butuh. Dan hanya dengan sebagian orang saja manusia bisa terus menjalankan pertemanan tanpa terputus. Hanya orang yang tidak memiliki banyak teman biasanya yang mengeluhkan temannya hanya datang saat ada butuhnya saja, sedangkan yang memiliki banyak teman tidak akan.
"Teman datang saat dia butuh kita dan kita bisa bantu kebutuhan dia"

2 Comments

  1. di saat dia berada dgn teman-teman barunya gw dicuekin, semula gw coba maklumi...iyalah namanya sama yang baru2 jadi msh berasa gimana gitu. eh lama-kelamaan makin kerasa setiap dia ngumpul sama teman2 barunya gw malah dianggap nggak ada, sakitnya tuh disini h3u...

    ReplyDelete