Menelusuri Pariwisata di Jawa Tengah yang Begitu Eksotis

background image source : gogonesia.com
Indonesia terkenal dengan keindahan alamnya yang begitu luar biasa serta peninggalan-peninggalan budaya yang sangat melimpah. Tidak heran banyak turis berbondong-bondong untuk pergi berlibur ke Indonesia. Sayangnya saat ini orang-orang kebanyakan tahunya di Indonesia tempat-tempat keren itu ya cuma bali ataupun lombok. Padahal di daerah-daerah lain pun banyak objek-objek wisata yang tidak kalah indah dan bagus untuk dikunjungi. Salah satunya provinsi Jawa Tengah yang menyimpan banyak wisata alam yang sangat indah dan memanjakan mata. Tidak hanya wisata alam, di Jawa Tengah juga banyak terdapat peninggalan-peninggalan sejarah yang masih ada hingga sekarang. Buat kalian yang belum tau surga tersembunyi yang ada di Jawa Tengah, disini akan saya perkenalkan hanya untuk kalian semua.


Menikmati Indahnya Ciptaan Tuhan Dari Dataran Tinggi Dieng
background image source : losmenbudjono.com
Dataran tinggi Dieng merupakan salah satu pesona alam paling memikat mata yang berada di Wonosobo, Jawa Tengah. Sesuai dengan namanya, Dataran tinggi Dieng merupakan sebuah kawasan yang berada di daerah yang tinggi, yaitu sekitar diatas 2000 mdpl. Lokasi Dataran tinggi dieng berada di 30 km dari Kota Wonosobo, Jawa Tengah. Objek wisata di Jawa Tengah ini terkenal pula dengan julukan “tempat persemayaman para dewa dewi” lho.

backround image source : wisatapriangan.co.id
Selain menikmati pemandangan menakjubkannya, kalian juga bisa menemukan sejumlah landmark-landmark yang keren-keren juga. Seperti candi, kawah, sumur, telaga, dan masih banyak lagi. Jadi kalian bisa berkeliling di Dataran Tinggi Dieng ini tanpa bosan deh pokoknya. Jadi kalau kalian mau dateng kesini usahakan pagi-pagi biar bisa menikmati semua keindahan yang ada di dataran tinggi Dieng ini. Dan jika kalian merupakan salah satu penikmat sunset (matahari terbenam), maka kalian wajib banget untuk dateng kesini, karena di dataran tinggi Dieng ini merupakan salah satu tempat melihat sunset terbaik lho!

Basah-basahan di Taman Nasional Karimunjawa

backround image source : Sportourism.id
Taman Nasional Karimunjawa merupakan sebuah cagar alam laut yang berada di wilayah kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Kabupaten Jepara memiliki beberapa wilayah berbentuk kepulauan di bagian utara pulau jawa, ya salah satunya kepulauan Karimunjawa ini. Kepulauan ini memiliki pemandangan yang sangat indah serta air yang jernih sehingga menjadi destinasi wisata yang sangat populer di Indonesia dan juga mancanegara. 

backround image source : paketbackpackerkarimunjawa.com
Di Taman Nasional Karimunjawa ini kalian bisa menikmati pesona pantai yang berpasir putih. Disini kalian juga bisa menyewa kapal motor yang bisa kalian gunakan untuk mengelilingi kawasan Taman Nasional Karimunjawa dan menikmati keindahan alamnya. Nah buat kalian yang suka ataupun mau mencoba snorkeling dan diving disini juga disediakan loh, dan tentunya dengan air yang begitu jernih kalian bisa menikmati pemandangan bawah air yang mempesona. Nah jika kalian ingin berkunjung kesana, kalian harus memperhatikan jadwal kapal yang akan menuju ke sana, karena tidak setiap hari ada kapal yang berlayar ke Kepulauan Karimunjawa. Atau jika kalian tidak ingin ribet, kalian bisa menyewa jasa biro perjalanan yang sudah berpengalaman menangani wisata ke karimunjawa.

Melihat Dari Dekat Eksotisnya Candi Borobudur
background image source : kisahasalusul.blogspot.com
Candi borobudur merupakan situs yang sangat unik dengan keindahan panorama yang menawan, struktur bangunan yang mengagumkan, serta nilai seni yang tinggi. Tempat wisata di Jawa Tengah ini adalah menjadi salah satu tempat yang paling populer di Jawa Tengah dan menjadi salah satu situs warisan UNESCO juga lho. Candi Borobudur ini merupakan Candi peninggalan agama Buddha yang terletak di Magelang dan diklaim merupakan candi buddha terbesar di dunia, wow!

background image source : myridemyadventure.blogspot.com
Di Candi Borobudur ini kalian bisa menikmati 1460 relief serta 504 stupa Budha yang berada di kompleks Candi Borobudur ini. Kalian juga menikmati pemandangan dari atas candi ini yang juga memikat mata, jadi siapin kamera buat foto-foto yaa. Nah untuk masuk ke Candi Borobudur, kalian diwajibkan membeli tiket masuk seharga 30 ribu per orang (dewasa), anak-anak seharga 12.500 rupiah per orang saja lho. Dengan harga segitu, kalian bisa membantu pengelola untuk tetap menjaga dan melestarikan peninggalan sejarah satu ini dan kalian pun bisa puas berkeliling memanjakan mata kalian. 

Mengintip Sejarah dan Misteri di Lawang Sewu
background image source : pegipegi.com
Lawang Sewu pada awalnya merupakan kantor pusat perusahaan kereta api (trem) Belanda. Bangunan ini dibangun pada tahun 1904 dan sampai sekarang masih berdiri dengan kokoh lho. Karena memiliki pintu yang banyak, jumlah lubang pintunya terhitung sebanyak 429 buah dengan daun pintu lebih dari 1.200, masyarakat Semarang menamakannya Lawang Sewu, yang berarti seribu pintu. 


background image source : goresanide.blogspot.com
Orang-orang berkunjung ke Lawang Sewu tidak hanya untuk sekedar melihat-melihat, tapi juga banyak yang penasaran dengan cerita mistis yang ada disana. Cerita mistis tentang Lawang Sewu Semarang ini sudah merupakan rahasia umum dimasyarakat. Berbagai versi cerita mistik lawang sewu mulai dari ruang bawah tanah yang berhantu kemudian ada lagi yang menyebutkan bahwa beberapa tempat di lawang sewu merupakan rumah bagi mahluk dunia lain, entah itu benar atau tidak, karena tidak ada bukti yang otentik mengenai kisah mistis tersebut. Buat kalian yang tertarik dengan cerita-cerita mistis bisa langsung membuktikannya dengan mendatangi ke tempat ini, Untuk dapat masuk, kalian cukup membeli tiket masuknya seharga 10 ribu saja per orang. Dan jika ingin memasuki ruangan bawah tanahnya, kalian harus membayar 30 ribu per orang.

Menyusuri Keunikan Museum Kereta Api Ambarawa
background image source : semarangplus.com
Museum Kereta Api Ambarawa ini dulunya adalah sebuah stasiun kereta api yang cukup terkenal dan berada di kota Ambarawa. Namun karena sudah tidak digunakan lagi, maka pemerintah berinisiatif untuk mensulapnya menjadi Museum Kereta Api seperti saat ini. Museum ini menyuguhkan berbagai koleksi unik yang bertemakan kereta api. Mulai dari kereta uap yang sangat kuno, alat telegraph dan telepon yang dulu biasa digunakan untuk kepentingan kereta api, serta perabot dan peralatan kuno yang dulu ada di stasiun bisa kalian temukan di Museum Kereta Api Ambarawa ini.

background image source : coretanpetualang.wordpress.com
Nah jika kalian ingin mengelilingi seluruh isi museum tapi kalian tidak ingin merasa capek berjalan kaki, kalian bisa menikmati fasilitas yang sudah disediakan yaitu Kereta Wisata. Dengan Kereta Wisata ini kalian akan diajak mengelilingi area museum dengan nyaman sehingga kalian pun bisa menikmati keindahannya dengan lebih puas lagi. Apalagi buat kalian yang membawa keluarga, bisa dengan mudah dengan mudah dan bisa sambil berbincang-bincang mengelilingi museum dengan kereta wisata ini.


background image source : tempatwisatadaerah.blogspot.com
Sebenarnya masih banyak lagi objek wisata yang indah dan mempesona yang terdapat di provinsi Jawa Tengah ini. Dengan melimpahnya wisata alam serta peninggalan budaya yang ada di Jawa Tengah, tidak heran kalau provinsi ini suatu saat menjadi tujuan nomor satu bagi para pelancong. Jadi buat kalian yang ingin berlibur dan merasakan suasana baru, kalian bisa langsung pesan tiket deh ke Jawa Tengah, karena tempat keren di Indonesia tidak cuma terdapat di Bali dan Lombok. Ayo kunjungi Jawa Tengah!

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Blog Legenda pariwisata Jawa Tengah 2017 yang diselengarakan oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah.

0 Comments