Bulan Ramadhan Malah Tambah Boros? Begini Caranya agar Tetap Hemat!

background source : isigood.com
Ramadhan sudah berlalu lebih dari setengahnya, tidak terasa sebentar lagi kita akan menyambut hari raya idul fitri dan tidak terasa juga duit kita pun semakin menipis. Padahal sebelumnya kita mengira pengeluaran kita akan menjadi lebih irit karena kita berpuasa, kenyataannya? malah tambah boros. Niatnya sih mau dibeliin baju baru buat lebaran, tapi apa daya duitnya udah abis duluan bahkan sebelum lebaran tiba, sedih. Kalian pun bertanya-tanya dalam hati, kok bisa sih pengeluaran jadi lebih banyak pada bulan ramadhan gini, padahal cuma makan 2 kali sehari lho. 

Kenyataan bahwa kita makan 2 kali sehari doang itu lah yang menjadi masalahnya. Lah kok bisa? Sadar gak sih kalian waktu buka puasa ataupun sahur selalu makan makanan yang banyak dan cukup mahal. Karena pada saat bulan ramadhan banyak orang rame-rame jadi pedagang dadakan di pinggir jalan, kalian pun jadi kalap dan beli banyak makanan. Belum lagi waktu ngabuburit, kalian biasanya kemana? kan bosen banget tuh di rumah doang. Kadang ada yang nonton di bioskop, ataupun main-main ke tempat bermain. Saking keasyikannya sampe lupa rasa lapar dan lupa kalo uang udah sekarat. Sekarang baru nyadar?

Nah mumpung belum telat-telat banget nih, mau tau cara supaya hemat saat bulan ramadhan? 

1. Memasak Sendiri Makanan untuk Berbuka ataupun Sahur
background source : alfamartku.com
Jika kalian punya banyak waktu untuk memasak, kenapa gak nyoba buat sendiri menu berbuka puasa dan sahur untuk keluarga? Selain lebih sehat dan terjamin, kalian juga bisa menghemat pengeluaran untuk membeli berbagai macam makanan. Karena biasanya kalau membeli menu buka puasa di luar rumah kita akan tergoda dengan berbagai pilihan makanan yang menggugah selera. Akhirnya kita membeli banyak makanan yang belum tentu akan habis saat dimakan. Apalagi dengan memasak sendiri kita menjadi lebih sibuk sehingga rasa lapar pun menjadi hilang. Jika kalian tidak bisa memasak, di google ataupun youtube sudah banyak resep-resep maupun tutorial cara memasak yang sangat mudah dimengerti. 

background source : jaminenak.com
Gak ada waktu buat beli bahan-bahannya? Tenang aja, kalian bisa juga beli online kok. Tinggal duduk bentar depan komputer, cari-cari bahan yang dibutuhkan, pesen deh. Tinggal tunggu kurir nganterin barang pesanan kita. Salah satu website yang menjual bahan masak yang cukup lengkap dan murah-murah sih bisa kalian cek di Toserbanya Lazada. Jadi gak ada alasan lagi deh gak ada waktu buat masak, jaman sekarang udah sangat dimudahkan dengan teknologi, khususnya toko online seperti lazada ini.

background source : mystupidtheory.com
Udah beli bahan-bahannya, tapi gak punya peralatannya, gimana dong? Duh, di dapur kalian adanya apa sih? Ya kalian coba-coba dulu deh pinjem punya tetangga atau saudara. Kalo gak ada yang punya atau pada kepake semua, ya terpaksa beli deh. Walaupun perlu mengeluarkan modal yang cukup banyak, tapi kalian bisa memakainya dalam jangka waktu yang lama kok, jadi gak bakalan rugi deh beli peralatan masak. Kalian juga membelinya melalui lazada, karena disana murah-murah dan banyak pilihannya.

2. Kurangi Buka Bersama di Luar

Kalian ngitung gak udah berapa kali buka bersama bareng temen-temen kalian ataupun bareng keluarga kalian di restoran mewah yang mahalnya gak kira-kira? Mungkin kalian mikirnya "ah gapapalah sekali-kali ini aja", padahal kenyatannya hal itu lah yang membuat keuangan kalian menjadi terkuras habis dengan cepat. Mending kalo buka bersama kalian bisa memasak makanannya sendiri seperti tiap yang diatas, jadi lebih hemat dan lebih seru gitu loh. Nah sambil buka puasa bareng kalian bisa ngobrol-ngobrol bareng ataupun liat-liat barang-barang bagus di lazada bareng temen kalian biar makin seru.

3. Buat Daftar Menu dan Langsung Belanja Keperluan Selama Sebulan
background source : thelifetips.com
Karena di bulan ramadhan kalian makan cuma 2 kali sehari dan di waktu yang sudah pasti, maka kalian bisa menata menu makanan setiap harinya di saat sahur maupun berbuka. Kalian bisa mencatat juga berapa orang yang akan ikut memakan makanannya nanti. Cantumkan juga bahan apa saja yang dibutuhkan dan berapa banyak jumlah yang dibutuhkan. Hal ini diperlukan untuk memudahkan kalian dalam menghitung estimasi pengeluaran kalian selama sebulan. Selain itu, kalian tidak akan memiliki sisa makanan berlebih, jadi tidak ada makanan yang terbuang deh. 

Apalagi harga bahan pokok makanan selama bulan Ramadhan biasanya meningkat. Supaya bisa berhemat kalian harus berbelanja bahan pokok makanan yang bisa tahan lama untuk jangka waktu satu bulan ke depan, sehingga kalian gak perlu lagi membeli barang tersebut ketika harganya dalam posisi mahal nantinya. Selain hemat, aktivitas belanja kalian juga jadi efektif. Jadi gak perlu bolak balik pasar tiap kali kalian mau masak buat buka puasa nanti. Atau kalo kalian gak mau ribet, bisa beli di lazada aja sih, apalagi disana kalau beli banyak bisa dapet diskon-diskon menarik.

4. Manfaatkan Promo dan Diskon Menarik
background source : lazada.co.id
Biasanya di bulan ramadhan banyak toko-toko yang memberikan promo dan diskon spesial ramadhan gitu deh. Nah, kalian cari-cari deh toko yang ngasih promo dan diskon yang menarik dan yang kalian butuhkan. Kan lumayan bisa dapet barang berkualitas dengan harga miring, jadi tambah hemat deh. Nah ngomong-ngomong promo dan diskon ramadhan, lazada juga promo khusus ramadhan yaitu ramadhan sale up to 70% lho. Kalian bisa cek disini. Disana kalian bisa nyari barang-barang kebutuhan kalian sepuasnya dengan harga miring. Bahkan di jam-jam tertentu bisa aja kalian dapet jackpot barang mahal dengan harga yang gak masuk akal lho, baik banget kan lazada. Buruan cek deh promo dari lazada ini.

5. Selalu Kontrol Diri dan Ingat Untuk Berhemat
background source : kabelkreatif.blogspot.co.id
Yang terakhir dan yang paling penting yaitu kontrol diri kalian agar tidak menghambur-hamburkan uang kalian dan selalu ingat untuk berhemat demi kondisi keuangan kalian yang lebih baik. Tanpa hal itu, cara-cara diatas yang sudah dijelaskan sebelumnya gak akan berguna dan menjadi sia-sia lho. Maka dari itu mari jalani puasa dengan niatan yang baik dengan cara menjaga diri dari hal-hal yang membatalkan puasa dan tentunya belajar buat mengendalikan keuangan dari hal-hal yang membuat kita gampang boros. Jadikan puasamu penuh hikmah dan bermakna. Dengan kontrol diri yang baik dan berpikir dengan cermat, kalian pasti bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan bisa menjadi lebih hemat saat bulan ramadhan ini. Selamat mencoba!

1 Comments