Berbelanja merupakan salah satu aktivitas yang menyenangkan dan disukai hampir seluruh manusia dimuka bumi, terutama spesies bernama ibu-ibu. Buat kalian yang sering nemenin ibu atau pacar lagi belanja pasti ngerasain gimana semangatnya mereka berpindah dari satu toko ke toko lain mencari barang keinginannya dengan harga semaunya. Untungnya sekarang sudah banyak toko-toko online yang memudahkan kita berbelanja hanya melalui internet saja, jadi bersyukurlah kalian yang sering disuruh nemenin pacar atau emak belanja.
Belanja online pun sekarang semakin menjadi primadona, tidak hanya ibu-ibu, bapak-bapak hingga bocah sekolah pun jadi menyukai aktivitas berbelanja, walaupun kebanyakan cuma liat-liat dan nanya-nanya doang sih. Di internet kita bisa berbelanja segala kebutuhan dan keinginan kita, dari harga yang paling mahal ke paling murah, dari barang baru sampai barang bekas (second) pun ada. Jadi tinggal menyesuaikan budget kalian masing-masing aja.

Ngomongin budget nih, kalo kalian punya budget terbatas, lebih memilih beli barang baru tapi kualitas biasa atau barang bekas tapi kualitas terjamin?

Kebanyakan orang saat ini mungkin masih lebih memilih membeli barang baru dan cenderung memandang sebelah mata barang-barang bekas. Banyak hal yang biasanya menjadi pertimbangan para pembeli lebih memilih barang baru walaupun kualitasnya cenderung jelek dibandingkan barang bekas dengan merk terkenal dan sudah terbukti kualitasnya.

"Ah, takut cepet rusak kalo beli barang bekas."

Masih banyak orang yang beranggapan kalo beli barang bekas itu gak akan tahan lama, pasti cepet rusak dan bermasalah. Padahal kenyataannya tidak selalu gitu kok. Malah bisa jadi barang baru dengan merk abal-abal lebih cepat rusak dibandingkan barang bekas dengan merk terkenal.

Sekarang coba kita pikirkan, misal kita lagi pengen beli sepatu, lalu ada dua pilihan sepatu, pertama merk A dengan kondisi masih baru dan yang kedua merk B dengan kondisi preloved alias bekas. Kedua barang itu mempunyai harga yang sama. Kok bisa harganya sama? Kualitas. Sudah pasti sepatu merk B mempunyai kualitas yang lebih baik dibandingkan sepatu merk A. Entah itu dari segi bahan ataupun hal lainnya. Karena harga menentukan kualitas. 

jadi kalo ada yang bilang barang bekas itu cepet rusak sebenarnya sangat salah karena perbedaan kualitas dari kedua barang juga menentukan, kecuali yang dibandingkan itu barang yang sama persis, sudah tentu barang yang masih baru bakal lebih awet.
 
"Takut barangnya udah jelek dan gak layak pakai ih"

Terkadang waktu saya pengen beli barang bekas, bokap suka bilang "ngapain sih beli bekas gitu? udah jelek tau". Dan mungkin mindset kebanyakan orang pun juga sama seperti bokap saya itu. Padahal barang bekas yang biasanya orang-orang jual di internet masih sangat bagus dan sangat layak pakai. Gak mungkin dong orang ngejual baju yang udah robek, sepatu yang udah bolong dan jam tangan yang udah hancur.

Kenapa orang sampe ngejual barang-barangnya yang sudah terpakai? ya karena mereka ngerasa barang tersebut masih bagus dan layak pakai, sementara mereka pun udah gak memerlukan barang tersebut lagi.

"Duh, gengsi lah ama temen-temen kalo beli barang bekas."

Temen saya dulu pernah minta cariin hape murah tapi bagus. Awalnya saya saranin dia beli bekas aja, selain harganya jauh lebih murah, kualitasnya pun pasti lebih bagus dan terjamin. Tapi temen saya nolak cuma gara-gara gengsi ama temennya kalo beli bekas. Kalian juga ada berpikiran kayak gini? atau temen-temen kalian?

Please deh, ngapain gengsi beli bekas. Gini deh, misalnya kalian punya modal 1.5jt. Bisa beli Samsung Galaxy s2 yang baru dan Galaxy s4 second. Lebih bergengsi yang mana? Kalo saya sih bakal milih Galaxy s4 walaupun bekas. Lebih berkelas dan lebih terbaru, walaupun bekas. See? beli barang bekas bisa juga lebih bergengsi dibandingkan beli baru.

--------------------------------------------------------------

Ngomongin barang bekas, ada salah satu tempat membeli barang bekas online, yaitu Prelo. Sesuai namanya Prelo(ved) ini menyediakan tempat bagi kalian yang ingin menjual atau membeli barang-barang bekas berkualitas dengan harga terbaik dan dengan kategori yang sangat lengkap. Prelo menyediakan fitur-fitur inovatif sehingga kita bisa bertransaksi di Prelo dengan aman dan nyaman. Di Prelo juga kita diberikan garansi keamanan berbelanja dan jaminan uang kembali lho.

------------------------------------------------------
Apa aja sih keuntungan yang kita dapatkan kalo menggunakan Prelo
------------------------------------------------------

Pengalaman saya membeli barang di Prelo, barang-barangnya masih sangat bagus dan layak pakai. Foto produknya pun kebanyakan sangat jelas, sehingga kita bisa tau kondisi real dari barang yang ingin kita beli. Dan yang paling penting, di Prelo tidak diperkenankan bagi penjual untuk menjual barang bekasnya yang KW alias palsu. Jadi dijamin deh kalau kalian beli disini barang yang akan kalian dapatkan dengan kualitas yang baik dan yang pasti original. Untuk panduan bagi pembeli, kalian bisa membacanya disini.

Selain membeli barang bekas, kalian juga bisa turut menjual barang-barang kalian yang tidak terpakai di Prelo loh. Daripada nganggur dirumah, mending kalian jadikan uang aja, selama itu masih layak pakai dan original pasti ada aja kok yang beli. Nah sekarang coba cek lagi sudut rumah kalian, siapa tau ada barang bekas yang bisa kalian jadikan uang di Prelo. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa baca disini.

Fitur yang sangat berguna lainnya yaitu fitur chatting yang mempermudah kita bertransaksi. Misalnya kita lagi nyari suatu barang, terus udah ketemu, eh tapi ngerasa masih ada yang ngeganjal dan belum jelas. Nah kalian bisa memanfaatlan fitur chat ini untuk bertanya kepada sellernya langsung mengenai detail barang yang kalian inginkan itu. Jadi dapat dipastikan barang yang akan kalian dapatkan nanti setelah beli sudah sesuai perkiraan sebelumnya dan gak mengecewakan.

 
Kalian takut beli online, apalagi barang bekas gara-gara ngeri barangnya gak sesuai foto? Tenang. Di Prelo sudah disediakan fitur untuk melaporkan barang yang tidak sesuai dengan detail dan foto yang ada di lapak penjual. Kalian cukup melaporkannya ke pihak Prelo (maksimal 3x24 jam setelah status transaksi diterima), lalu pihak Prelo akan meninjau ulang pesanan tersebut. Dan jika terbukti barang tidak sesuai maka pihak Prelo akan mengembalikan uang kalian utuh tanpa potongan loh.

Nah buat kalian yang takut buat transaksi online karena rawan penipuan, Prelo sudah menyediakan fitur khusus, yaitu Rekber. Jadi jika kalian bertransaksi melalui Prelo, uang yang kalian transfer tidak akan langsung masuk ke rekening penjual, melainkan masuk ke rekening pihak ketiga, yaitu Prelo. Jadi dijamin deh kalian gak bakalan kena tipu dan jangan takut uang kalian hilang. Hari gini, masih jaman penipuan?

Yang lebih menarik lagi, jika kalian udah daftar sebagai member di Prelo, kalian akan diberikan kode refferal. Ajak teman-teman kalian untuk mendaftar dengan menggunakan kode refferal kalian. Semakin banyak orang yang berhasil kalian ajak, semakin besar juga bonus dan hadiah yang nantinya pihak Prelo berikan kepada kalian. Yuk promosiin Prelo ke temen-temen kalian, temen kalian untung, kalian pun untung kok.

------------------------------------------------------
Untuk membuktikan bekas belum tentu jelek, saya pun nyoba nyari barang-barang bekas di Prelo. Tidak salah memang Prelo disebut sebagai salah satu tempat jual beli barang bekas berkualitas terbaik di Indonesia, soalnya saya nemu banyak banget barang-barang bagus yang membuat hasrat saya menggebu-gebu untuk membelinya. Apalagi harganya yang terlampau murah untuk ukuran barang berkualitas membuat saya pengen memboyong semuanya kerumah.

~ Here is My Lovelist on Prelo ~ 

-- JAM --

Siapa disini yang suka make jam? Saya juga suka banget make jam. Selain sebagai aksesoris dan penghias diri, kadang anak kuliahan seperti saya juga perlu mengetahui waktu cukup sering. Emang sih di smartphone juga sudah ada jamnya, tapi kadang ribet banget kalo harus ngeluarin smartphone dulu. Apalagi kalo lagi ujian, kan gak boleh bawa smartphone tuh, jadi jam penting banget buat mengetahui waktu. 

Nah ngomongin jam, diluar sana banyak sih orang jualan jam dari harga murah banget sampai mahalnya gak ketulungan. Saya udah pernah beli jam yang murahan, tapi gak bertahan lama udah rusak dan bermasalah. Pengen beli yang murahan lagi takut cepet rusak kayak yang ada, tapi kalo beli yang mahalan gak ada duitnya. Terus tadi saya coba cari di Prelo, eh ternyata nemu jam tangan berkualitas dan bermerk dengan harga yang terjangkau. Walaupun bekas, setelah saya liat fotonya masih terlihat baru bangetttt. Wajib dibeli ini mah. Link lapak klik disini.

-- SEPATU --

Waaaaa sepatuuuuuu.
Mau kemana-mana kita pasti butuh banget lah yang namanya sepatu. Apalagi buat anak kuliahan kayak saya, mau masuk lingkungan kampus wajib banget tuh pake sepatu. Selain buat gaya, sepatu juga buat kaki kita nyaman dan terlindungi. Pernah tuh saya pake sepatu 100rban, saya pake bentar, eh gak lama udah robek aja bawahnya, kan kesel ya. Apalagi saya sering banget make satu sepatu buat segala kebutuhan. Kadang sepatu kuliah saya pake buat lari, buat jalan-jalan juga, namanya anak kost ya, mau hemat.

Ternyata di Prelo pun banyak orang-orang ngejual sepatu bekasnya loh. Bagus-bagus banget lagi. Kebetulan saya juga lagi nyari sepatu running biar bisa dipake lari, dipake kuliah pun juga bisa. Kalo beli baru kan mahal-mahal banget tuh, emang sih kualitasnya udah terjamin. Tapi anak kost mah uangnya terbatas, jadi beli bekas tapi berkualitas pilihan tepat banget. Saya liat foto-fotonya juga masih bagus dan sangat layak pakai kok. Suka. Link lapak klik disini.

-- POLO --

Dirumah saya kebanyakan punya kaos-kaos biasa yang gak ada kerahnya. Padahal buat kuliah perlu banget kaos berkerah, soalnya gak dibolehin masuk ke area kampus kalo pake kaos doang. Sedangkan koleksi polo saya cuma ada beberapa, kalo dipake buat ngampus pasti yang dipake juga itu-itu doang. Jadi tiap dipake harus langsung dicuci atau bahkan gak dicuci dulu dan dipake beberapa kali. Malu sih diliat temen kalo pake yang sama melulu, tapi mau beli yang baru pun duitnya sayang, mending buat makan. Soalnya harga polo itu agak lebih mahal dibandingkan kaos-kaos biasa.

Di Prelo saya kira gak ada yang menjual baju-baju bekas gitu, eh ternyata juga ada. Mana masih bagus-bagus banget dan sangat layak pakai. Modelnya pun tersedia banyak juga, warnanya banyak, dan harganya sangat miring loh. Lumayan kan buat nambah-nambah koleksi buat dipake waktu kuliah. Jadi bisa santai nyucinya karena udah punya banyak kaos polo. Langsung borong ah. Link lapak klik disini.
 
-- JAKET --

Oiya saya orangnya suka banget pake jaket, kalian juga gak sih? Kadang kalo jalanan lagi panas, terus lagi make baju lengan pendek, behh kalo gak pake jaket udah item semua tu tangan. Kadang juga kalo ke tempat-tempat wisata di Jogja, kebanyakan tempatnya dingin-dingin banget, apalagi di gunung kidul. Nah kalo gak sedia jaket duluan siap-siap aja sepanjang jalan menggigil kedinginan. Sayangnya saya cuma punya jaket 2, dan itu selalu saya pake mulu jarang dicuci. Mau dicuci takut mau kepake, tapi udah lusuh banget dan malu juga ama temen kalo make jaket yang sama mulu.

Lagi-lagi saya nemu jaket impian saya di Prelo. Dari dulu saya pengen banget bisa punya jaket denim, soalnya jaket-jaket saya kebanyakan jaket biasa semua. Dulu pernah sih saya cari di toko lain, eh harganya mahal banget yang barunya. Syukurnya di Prelo ada yang mau ngejual jaket denim kerennya dengan harga yang terjangkau banget. Mana masih bagus dan keliatan baru, sangat cocok lah buat menambah koleksi jaket saya. Keren. Link lapak klik disini.
 
-- KAMERA --

Hmmm kamera, gak perlu-perlu banget sih, tapi dari dulu impian banget bisa punya kamera bagus. Iri gak sih liat instagram orang fotonya bagus-bagus banget kualitasnya. Bokeh gitu loh. Sebagus-bagusnya kamera HP juga tetep aja masih jauh dibandingkan ama kamera digital asli. Tapi ya anak kost mah mana sanggup mau beli kamera yang harganya cukup mahal ini, apalagi gak terlalu kepake juga kan. 

Iseng-iseng nyari di Prelo kamera bekas, kok jadi makin pengen punya ya. Harganya itu loh, miring banget dari harga barunya. Apalagi kameranya masih keluaran terbaru dan sudah sangat bagus kualitas fotonya. Apalagi saya saat ini butuh banget kamera bagus buat memperindah isi tulisan saya di blog ini. Selama ini sih foto-fotonya masih nyomot di google, jadi kurang mewah gitu. Semoga belum laku dulu deh nih kamera sebelum saya bisa ngumpulin duitnya. Mempesona. Link lapak klik disini.
-- NOVEL --

Novel, bacaan saya setiap hari banget nih. Mau novel sedih, romantis, komedi saya baca semua. Kadang ngerasa sayang baru beli novel dengan harga yang lumayan, saya bacanya cuma kurang lebih satu jam doang. Terus novelnya cuma nangkring di lemari buat pajangan doang. Soalnya saya anti banget baca novel yang sama dua kali, gak bakalan dapet feelnya gitu loh. Mau beli novel baru, tapi harganya lumayan juga. Apalagi akhir-akhir ini lagi banyak pengeluaran buat kuliah.

Di Prelo lagi-lagi saya menemukan banyak novel-novel bekas yang masih layak baca. Harga yang terjangkau membuat saya semakin kalap mata. Mana banyak banget novel-novel yang belum pernah saya baca dan keliatan menarik dijual disini. Apalagi ada penjual yang ngejual novelnya dengan jumlah banyak, jadi saya gak perlu ngeluarin ekstra ongkir lagi kalau mau beli banyak novel. Angkut dah. Link lapak klik disini.

----------------------------------------------------------------------

Oiya untuk mengakses Prelo kalian bisa mengunjungi situs prelo.co.id. Atau kalau kalian mempunyai smartphone ber-OS Android ataupun iOS, kalian bisa mendownload aplikasi Prelo di Google Play atau App Store. Di aplikasi itu nantinya mendaftar menjadi member terlebih dahulu, lalu kalian bisa langsung berbelanja ataupun menjual barang-barang bekas berkualitas milik kalian. Nah mulai sekarang mending belanja barang bekas berkualitas kan daripada beli baru, selain murah, kalian juga turut membantu penghijauan bumi dan mengurangi barang-barang yang tidak terpakai. Yuk belanja barang bekas berkualitas di Prelo!